Cara membagi partisi untuk keperluan install sistem operasi(dual booting)

Posted: Selasa, 29 Mei 2012 by KESETIAAN AKAN SELALU ADA in Label:
0

Nah kali ini saya akan memposting tentang bagaimana cara kita membagi partisi untuk keperluan menginstall sistem operasi , misalnya saja kita ingin menginstal sistem operasi Linux. Maka dibutuhkan partisi yang baru untuk menampung kapasitas Sistem operasi Linux tersebut, dua sistem operasi dalam satu pc itu dinamakan dengan dual booting. Misalnya kita memiliki sistem operasi Windows dan linux dalam satu pc. Nah berikut cara-cara yang saya berikan dan semoga mudah dipahami :
  1. Pastikan sobat sudah ada dimenu utama yaitu bisa dengan mengklik tombol win+E pada keyboard, setelah itu klik kanan my computer yg terletak dibagian kiri maka akan muncul kotak yang terdiri dari beberapa pilihan, dikotak itu klik kata manage. Lihat gambar :



2. Setelah melakukan langkah 1 maka akan muncul tampilan dari manage       tadi,   arahkan kursor sobat ke disk management maka akan muncul isi dari disk management tersebut. Lihat yang sudah saya beri tanda biru itu partisi yang masih utuh dan yang akan kita bagi nantinya. Lihat gambar :



  3. Setelah itu klik kanan pada partisi yang akan kita bagi nantinya, setelah kita mengklik kanan partisi tersebut maka akan muncul kotak yang terdiri dari beberapa pilihan, klik shrink volume. Lihat gambar :   

  1. 4. Setelah mengklik shrink volume maka akan muncul kotak querying shrink space itu artinya kita harus menunggu atau loading. Lihat gambar :

    5. Setelah loading selesai, maka kita akan mendapatkan kotak shrink E, dikotak itu kita dituntut untuk menetukan kapasitas partisi yang akan kita buat/bagi. Yang sudah saya berikan tanda biru itu tempat mengedit berapa kapasitas yang akan kita inginkan,setelah mengisi yang bertanda biru tadimaka klik shrink yang berada dibagian bawah yang sudah saya berikan tanda merah. Lihat gambar :
    6. Setelah mengklik shrink maka kita akan kembali ke disk management, disitu sudah ada partisi baru, partisi yang sudah kita buat tadi. Lihat gambar :
  2.  
    Selesai lah cara membagi partisi untuk keperluan penginstalan system operasi yang kita butuhkan. Sekarang kita tinggal menginstall system operasi apa yang akan kita gunakan. Selamat mencoba dan semoga sukses…
    Amin.

0 komentar:

Silahkan masukkan komentar Anda,
karena komentar Anda sangat berguna untuk perkembangan blog ini.
Terimah kasih...